PEKARANGAN RUMAH SOLUSI EKONOMI KREATIF DESA

Foto Jeruk Mangkis
Sungai Enau - Karang Taruna Trisakti (KTT), Ekonomi kreatif warga Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya, (3/8).

Tidak banyak yang mengetahui dampak besar apa yang dilakukan warga Desa dalam menggunakan pekarangan rumahnya sebagai tempat untuk mengisi waktu luang sehari-hari mereka.

Masyarakat Desa pada umumnya selalu menggunakan pekarangan rumahnya untuk menanam buah-buahan dan tanaman lainnya yang menghasilkan uang. Rumah salah satu warga Desa Sungai Enau menunjukkan beberapa buah-buahan yang ada di sekitar rumah mereka.
Foto Hohon Petai
Salah satu rumah milik Sahlan Jalan Parit Salam Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya - Kalbar.

Beliau menunjukan beberapa tanaman yang ada di pekarangan rumahnya. diantaranya, Tanaman Petai (6 pohon), Jambu bul (4 Pohon), Jeruk manis (2 Pohon), Jambu air (2 Phon), Jeruk sangkis (2 pohon), Cempeda (7 Pohon), Rambutan (2 Pohon) dan Durian (5 Pohon masih berumur 3 tahun).

Sa'ur Ketua Karang Taruna, mengatakan ini merupakan ekonomi kreatif warga Desa dalam mengelola pekarangan rumahnya. Kalau dikelola dan di koordinir dengan baik oleh pemerintah Desa maka akan mendongkrak ekonomi masayarakat desa.
Foto Cempedak
Bapak Sahlan ini hanya contoh saja yang kami lakukan sampling, sebenarnya semua rumah warga di Desa melakukan yang sama yaitu mengelola pekarangan rumahnya dengan beberapa tanaman lainnya dan pasti bebeda dengan tanaman yang ditanam oleh Bapak Sahlan tersebut.
Foto Jeruk Manis
Maka diperlukan peranan penting oleh pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bergerakat cepat, sehingga menjaga ritme perekonomian warganya. Melakukan kerja sama dan pelatihan di UMKM yang ada di pemerintahan Kabupaten, "tambah Sa'ur.

- M.Rokib

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETANI DAN BIBIT PADI